Tentang Sebab Akibat...

Minggu, 21 September 2008

Hallo wanita…

Sebagai seorang ibu, anak adalah sosok yang senantiasa diidamkan kehadirannya. Namun, setelah dia lahir dan tumbuh besar, kadang kita lupa ( atau tidak tahu) cara bagaimana membimbing dan menemaninya saat ia tumbuh dewasa. Agar menjadi anak yang Sholeh, cerdas dan sukses dunia akhirat bukanlah hal yang mudah kita membimbingnya. Kesibukan, ketidakmampuan mengendalikan emosi dan ambisi pribadi sering membuat kita keliru dalam mendidik anak.

Saya bukan pakar pendidikan anak, hanya seorang wanita biasa yang banyak memiliki kekurangan dalam mendidik 2 buah hati saya. Saya tertarik dengan puisi tentang anak yang sering saya dengar. Dan tempo hari saya membaca teksnya di TK Islam Terpadu tempat anak saya belajar. Sebagai Sebuah renungan dan pendekatan buat para wanita atau siapapun yang merasa memiliki titipan dari Tuhan berupa anak, saya salin kembali puisi itu, semoga bermanfaat untuk pedoman kita mendidik dan berinteraksi dengan anak demi menciptakan generasi yang lebih Rabbani.

Puisi Dorothy Law Notte

(Tentang Sebab Akibat)

Bila anak hidup disalahkan
Dia akan berlagak mencemoohkan

Bila anak hidup diterima dalam kesetia kawanana
Dia akan menemukan kasih saying

Bila anak hidup dala rasa aman
Dia akan memiliki kepercayaan

Bila anak hidup dalam restu
Dia akan memiliki kepercayaan diri

Bila anak hidup dalam keadilan
Dia akan belajar adil

Bila anak hidup dalam dorongan
Dia akan belajar percaya diri

Bila anak hidup dalam permusuhan
Dia akan belajar berkelahi

Bila anak hidup dalam toleransi
Dia akan belajar sabar

Bila anak hidup dengan penghargaan
Dia akan belajar menghargai dan bersyukur

Bila anak hidup dalam hinaan
Dia akan menjadi penakut

Bila anak hidup selalu dipermalukan
Dia akan selalu merasa bersalah

0 komentar:

My Family Slide

About This Blog

About This Blog

  © Blogger template Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP