Saya Hamil ngga ya...?

Minggu, 21 September 2008

Dalam forum tanya jawab bertema kehamilan, saya sering melihat pertanyaan para wanita bahkan juga kaum pria yang kebingungan mengenai hamil atau tidaknya mereka atau istrinya (kalau penanyanya laki-laki).
..
Saya pikir tidak ada salahnya kalau saya sedikit mengulas mengenai gejala awal kehamilan, karena ternyata masih banyak yang kebingungan mengenai hal ini. Apalagi banyak yang merasa malu untuk bertanya kepada orang lain secara "off line" dengan berbagai alasan.
Ok.., mengenai gejala kehamilan (kerap saya temukan dalam pekerjaan saya sehari-hari), bisa dikategorikan menjadi 2 kategori. Yaitu :

  1. Tanda mungkin hamil, artinya bila seorang wanita memperoleh satu atau lebih tanda mungkin hamil, wanita tsb belum tentu hamil.
  2. Tanda pasti hamil, artinya sudah dapat dipastikan wanita yang memperleh tanda ini benar-benar hamil..

Berikut uraiannya :
1. Tanda Mungkin Hamil

*Telat Datang Bulan (haid). Kalau seorang wanita pada masa usia subur tidak mendapatkan haidnya, itu merupakan salah-satu pertanda kemungkinan dia hamil. Tapi bukan berarti setiap wanita yang telat datang bulan itu hamil, karena telat haid bisa juga disebabkan karena pengaruh hormon yang tidak stabil seperti efek samping kontrasepsi hormonal (pil,suntikan,kb susuk) atau karena kelelahan, stress atau juga karena kondisi kesehatan badan yang sedang tidak fit.


*Perasaan bengkak pada payudara. Hormon estrogen yang meningkat saat hamil menyebabkan payudara sedikit membengkak. Namun hal itu terjadi juga ketika masa subur
.

*Mual/muntah pada pagi hari. Mual muntah juga merupakan gejala yang kerap ditemui pada wanita hamil muda, namun mual muntah juga merupakan gejala pada penyakit lambung atau penyakit lainnya.


*Urine test positif. PP test positip disebabkan kadar HCG meningkat pada saat hamil, namun kualitas test pack yang rendah bisa mengaburkan hasil pemeriksaan urine tsb.


*Merasakan pergerakan janin. Setelah kehamilan menginjak 16 mg biasanya pergerakan janin bisa dirasakan. Tapi kadang-kadang pergerakan usus dianggap pergerakan janin juga..


*Sering buang air kecil. Pembesaran uterus karena penambahan volumenya menyebabkan tekanan pada kandung kencing, sehingga menyebabkan ibu hamil sering buang air kecil. Tapi sering buang air kecil juga bisa terjadi pada seseorang yang mengidap penyakit diabettes atau infeksi saluran kencing.



2. Tanda Pasti Hamil

Terdeteksinya janin/gerakan janin pada pemeriksaan USG.
Jadi untuk memastikan hamil atau tidaknya seorang wanita, sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG. Dokter akan melihat apakah di dalam uterus ibu ada janin yang merupakan hasil konsepsi atau tidak..

Kalau sudah yakin hamil, ibu harus mempersiapkan diri baik fisik maupun psikis. Selamat menjadi ayah dan ibu..
Semoga bermanfaat..



0 komentar:

My Family Slide

About This Blog

About This Blog

  © Blogger template Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP