14 Tips Hemat dalam Rumah Tangga..

Selasa, 23 September 2008

Hallo wanita..!


Mau Kaya…?
Kalau ditanya mau kaya, ya pasti semua juga mau kaan..? Saya teringat satu pepatah,’hemat pangkal kaya’.

Setelah kita berusaha memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan dari primer hingga tersier, kita sering berada dalam kondisi kekurangan. Itu artinya kita belum kaya..(maaf seenaknya menterjemahkan arti kaya :)). Salahsatu masalahnya adalah kita sering bergaya kaya sebelum kaya beneran.. :). Berhemat memang bukan kewajiban orang yang belum kaya, tapi sangat tepat bila yang ingin kaya mengaplikasikannya.Berikut adalah tips sederhana dalam rangka berhemat, terutama buat para wanita yang mayoritas adalah ‘manajer’ dalam keluarga atau setidaknya bagi dirinya sendiri :

  1. Mematikan listrik bila tidak digunakan. Selama ada arus listrik yang menyala di rumah kita, selama itulah KWH meter berputar menambah jumlah tagihan listrik kita.
  2. Tutup kran serapat mungkin bila selesai menggunakan air. Selain menghemat tagihan PAM (kalau yang berlangganan PAM), juga menghemat persediaan air di bumi ini.
  3. Matikan alat elektronik bila tidak digunakan, seperti TV, radio, tape, kipas angin, AC. Selain menghemat listrik juga mengurangi beban kerja alat elektronik tsb., sehingga dapat lebih berumur panjang.
  4. Ambil manfaat lebih dari sampah. Sampah dari sayuran dan buah-buahan bisa jadi kompos, sampah plastik bisa didaur ulang..
  5. Bila tidak diburu waktu dan jaraknya tidak terlalu jauh, pergi ke suatu tempat (pasar, kantor) dengan berjalan kaki bisa bermanfaat banyak.
  6. Hindari terlalu sering makan diluar. Karena harga makanan di luar cenderung lebih mahal dibanding bila makan di rumah.
  7. Gunakan catatan sebelum belanja, dan patuhi.
  8. Bawa uang secukupnya bila belanja. Membawa uang lebih sering mengurangi kemampuan kita untuk menahan godaan beli barang yang tidak perlu.
  9. Perhitungkan kembali untuk menggunakan kartu kredit.
  10. Hindari belanja dengan anak-anak, kecuali berniat jalan-jalan bersama. Anak-anak biasanya kurang tahu apa artinya mematuhi anggaran belanja, sehingga banyak hal yang tidak perlu harus juga dibelikan.
  11. Hindari belanja dengan teman-teman biasa berlebihan dalam belanja, karena kita sering terpengaruh.
  12. Buat perencanaan anggaran bulanan, dan patuhi. Apa artinya membuat anggaran, kalau kita tidak mematuhinya kan..?
  13. Jadikan menabung adalah urutan kedua setelah anggaran bulanan tertutupi. Biasanya kita menabung bila ada uang sisa setelah menggunakan uang pada hal-hal yang kurang perlu. Sebaiknya menabunglah setelah kita membayar utang (tagihan-tagihan bulanan), keperluan rutin. Jadi bukan sisa. Artinya jadikan menabung sebagai anggaran rutin juga.
  14. Beli makanan secukupnya, membeli makanan dalam jumlah banyak sering menyebabkan anggota keluarga lebih boros.
  15. Kalau mampu dan ada waktu, lakukan suatu pekerjaan sendiri, seperti cuci motor, cuci mobil, cuci karpet, dll.
Masih banyak tips hemat lainnya. Kesimpulannya jangan anggap remeh uang receh/pengeluaran sepele. Karena seperti pepatah; sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit. Betul kan..? Kalau ingin bukti, jumlahkan saja pengeluaran sepele kita tiap bulan secara kumulatif, anda akan tercengang melihatnya. Semoga bermanfaat…!

0 komentar:

My Family Slide

About This Blog

About This Blog

  © Blogger template Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP