Cara Menghitung Umur Kehamilan..

Senin, 13 Oktober 2008


Pada postingan terdahulu, saya menguraikan tanda-tanda "mungkin" dan tanda "pasti" kehamilan, kali ini saya coba sharing mengenai cara menghitung usia kehamilan.

Hal ini mengingat ada beberapa pertanyaan termasuk di buku tamu tentang perkiraan umur kehamilan seorang wanita.



Untuk mengetahui kapan tanggal umur kehamilan seorang wanita tepat di bulan keberapa, kita bisa menghitungnya sejak kapan ibu mengalami haidnya yang terakhir. Contoh, bila ingin tahu usia kehamilan 4 bulannya tanggal berapa, tambah saja 112 hari/4 bulan sejak tanggal hari pertama haid terakhirnya. Bila tanggal hari pertama haid terakhir seorang wanita tgl 1-7-2008, maka 112 hari (4 bulan) kemudian sejak tanggal tsb. Umur kehamilannya berusia 4 bulan. Jadi bila seorang wanita hari pertama haid terakhirnya tgl 1-7-2008, maka umur kehamilan 4 bulannya sekitar tgl 21 Oktober 2008 (112 hari/4 bulan kemudian).


Namun cara ini merupakan cara yang bisa diterapkan pada ibu dengan siklus haid yang normal dan teratur. Pada ibu dengan siklus haid yang terlalu lama atau terlalu singkat dan pada ibu dengan siklus haid yang tidak teratur, cara ini kurang tepat. Untuk mengetahui umur kehamilan cara lain bisa dengan pemeriksaan USG oleh dokter ahli Kandungan dan Kebidanan. Dokter akan memperkirakan umur kehamilan berdasarkan perkiraan berat badan janin juga lingkar kepala janin.Jadi kesimpulannya, menghitung umur kehamilan itu dimulai sejak tgl hari pertama haid terakhir, bukan sejak tgl ibu tidak haid.



O, ya..menghitung umur kehamilan juga bisa dilakukan secara online dengan Pregnancy Date Calculator. Anda tinggal memasukkan tanggal terakhir haid ( first day of your last menstruation ), maka anda akan mengetahui tanggal terjadinya pembuahan (fertilization), tanggal perkiraan mulainya pembentukan organ organ tubuh janin (building organs), tanggal kapan anda sebaiknya melakukan pemeriksaan (preventive medical check up), juga tanggal perkiraan persalinan (estimated birth date), dll. Selengkapnya Klik di sini


Mudah-mudahan uraian saya bermanfaat, dan tidak menambah bingung para calon ayah/ibu ;)...

3 komentar:

hans 14 Oktober 2008 08.06  

Nuhun bu Yeyen Insya Allah ini juga bermanfaat selain untuk saya juga yang lainnya.

Sallam :
Asep

made 19 Oktober 2008 13.27  

waah lumayan info2nya.
thanks

bidan ya mbak?
wah asik bisa membantu melahirkan generasi nusantara yang berguna.

myfath 5 November 2008 00.39  

Terimakasih komentarnya..
Saya sebenarnya ingin memberikan info lebih banyak mengenai kesehatan ibu dan anak, namun karena kesibukan saya di dunia offline, saya hanya bisa memberikan info-infonya sewaktu-waktu. Mudah-mudahan bermanfaat..

My Family Slide

About This Blog

About This Blog

  © Blogger template Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP